Tingkatkan Partisipasi, KPU Luwu Gelar Lomba Debat Antar Siswa SMA/Sederajat

KPU LUWU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu, menggelar  kegiatan Lomba Penulisan Esai dan Debat antar siswa SMA / Sederajat se Kabupaten Luwu dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sul-Sel serta pemilihan Bupati dam Wakil Bupati Luwu tahun 2018. bertempat di Aula kantor Bappeda Kabupaten Luwu, Jl. Jendral Sudirman, Kelurahan Senga, Belopa, Luwu. Minggu, 08 April 2018.

Hadir dalam Lomba Penulisan Esai dan Debat antar siswa SMA / Sederajat se Kabupaten Luwu, Anggota Komisioner KPU Luwu, Divisi Teknis, Suhaeb, Divisi Logistik, Istantia. Serta yang bertindak sebagai juri, Kepala Kesbangpol Luwu, Alim Bachri, Dekan Fisip Unanda Palopo, Ince Rahma Ismail, serta Jurnalis Senior Luwu Raya, Irwan Musa.

Sebelumnya KPU Luwu sudah menggelar Lomba esai dimana dilanjutkan dengan Debat antar siswa dengan pertanyaan yang berkaitan dengan Pemilukada serta Demokrasi.

Dalam sambutannya, Anggota Komisioner KPU Luwu, Divisi Teknis, Suhaeb, memberikan semangat dan motivasi kepada adik-adik peserta lomba, KPU Luwu berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat pemilih pemula untuk menguasai pengetahuan tentang pemilu dan demokrasi, lalu mengimplementasikannya. Juga diharapkan bisa menjadi agen perubahan di lingkungannya masing-masing.

“Dari awal kegiatan ini para peserta telah mempersentasekan lewat tulisan esai terkait No Sara dan No politik uang, tidak jelek-menjelekkan mnjelekkan, serta menggunakan hak pilihnya. KPU berharap kepada para peserta agar kegiatan ini tidak terhenti pada proses debat saja namun peserta harus mensosialisasikan dikalangannya masing-masing yakni pemilih pemula,” ujar, Suhaeb.

Dalam sambutannya, Suhaeb, menjelaskan bahwa inti dari kegiatan ini, intinya memberikan pendidikan politik serta mewujudkan partisipasi pemilih pemula, dimana dalam UU nomor 7 tahun 2017, yang telah diubah bahwa persyaratan menjadi penyelenggara bukan hanya segelintir orang namun semua bisa terlibat jika sudah berumur 17 tahun.

“Pemilu bukan hanya milik orang dewasa, kami berharap agar tenaga pendidik, serta Insan Media mensosialisasikan sekaitan Pemilukada sesuai dengan tema KPU di Provinsi Sulsel ini yakni berbusaya dan bermartabat karena sulsel dikenal dengan adat yang santun,” jelasnya.

Sementara itu, Suhaeb, mengucapkan terima kasih kepada seluruh juri dan peserta yang sudah menyempatkan waktunya dalam kegiatan ini.

5 tim yang mengikuti debat antar siswa SMA/Sederajat yakni, MAN Luwu, SMA 12 Luwu, SMA 3 Luwu, SMA 10 Luwu, dan SMK 5 Luwu.

Juara Loma Esai dan debat antar Siswa SMA/Sederajat se Kabupaten Luwu.
1. Nilai 1949 MAN Luwu
2. Nilai 1927 SMAN 10 Luwu
3. Nilai 1913 SMAN 3 Luwu
4. Nilai 1884 SMAN 12 Luwu
5. Nilai 1841 SMKN 5 Luwu. (adm/kpuluwu)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *