Rapat Pleno Penelitian Administrasi Parpol Peserta Pemilu Berlangsung Hikmat

KPU LUWU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu menggelar Rapat Pleno Hasil Penelitian Administrasi Keanggotaan Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu tahun 2019 mendatang.

Rapat Pleno tersebut dilaksanakan di Ruang Media Center Kantor KPU Luwu, Jln Pemilu (Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu) Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulsel, Rabu, 15 Oktober 2017.

Rapat ini dihadiri oleh Ketua Panwaslu Luwu, Sam Abdi, Anggota Panwas Luwu, Abdul Latif dan Kaharuddin, serta staf Panwas.

Dari Pantuan Media Centre KPU Luwu Rapat Pleno Hasil Penelitian Administrasi Keanggotaan Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu, berlangsung Hikmat.

Rapat Pleno merupakan tindak lanjut dari hasil verifikasi faktual terkait ditemukannya nama anggota parpol ganda dalam berkas pendaftaran Parpol peserta Pemilu yang dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh Tim KPU Luwu. Verifikasi dilakukan dengan mendatangi langsung orang yang tercatat pada dua atau lebih partai politik.

”Kita baru saja selesai lakukan rapat pleno hasil verifikasi faktual bersama Panwas, dari hasil verifikasi ini memang ada beberapa nama yang ditemukan KTP warga yang tercatat, namun warga itu tidak pernah menjadi anggota partai manapun. Dimana hal itu menurut kami tidak memenuhi syarat.” Ucap Ketua KPU Luwu Abdul Thoyyib Wahid R.

Abdul Thoyyib, menyebut kalau KTP yang diserahkan oleh Partai terdapat KTP yang dikolom pekerjaanya berprofesi sebagai PNS, ada juga didapati warga yang tidak pernah sama sekali berpartai.

” Dilapangan tim kami menemukan adanya KTP PNS, tapi setelah kita lakukan kroscek, pemilik KTP mengakui tidak pernah menjadi anggota partai, dan ada juga warga yang mengalami gangguan jiwa, serta adanya pemilik KTP mengatakan sama sekali tidak pernah bergabung di partai manapun,” terang Abdul Thoyyib.

Thoyyib menambahkan, bahwa kendala yang dihadapi di lapangan saat lakukan verifikasi faktual, luasnya wilayah Kabupaten Luwu, serta jalan, juga daerah pegunungan yang cukup menantang. (admin/kpuluwu)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *