KPU Luwu Monitoring Pengumuman DPS

KPU LUWU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwh melakukan supervisi dan monitoring pada pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diumumkan dari 24 Maret sampai 2 April 2018.

Hal itu dilakukan guna memastikan pengumuman DPS sudah diumumkan oleh PPS sehingga masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan terhadap DPS.

Komisioner KPU Luwu dari Divisi Program, Perencanaan dan Data, Zulkifli, ST, MSi mengungkapkan upaya yang harus dilakukan PPK dan PPS setelah DPS diumumkan yaitu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk melakukan cek data pemilih pada DPS.

“PPK dan PPS akan bekerjasama dengan Pemrintah kecamatan dan desa/lurah, RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh Agama, bahkan imam masjid untuk aktif melakukan himbauan kepada masyarakat untuk mengecek nama-nama yang ada dalam DPS, apakah sudah atau belum terdaftar dalam DPS,” ujar, Zulkifli.

Zulkifli, menambahkan PPK dan PPS harus mengundang pengurus RT, RW, kepala desa dan Lurah, atau sejenisnya, untuk melihat dan memeriksa warganya di DPS. Dimana pada tahapan pemutakhiran Data ini merupakan hal yang penting.

Namaun terkadang tidak dipentingkan padahal data pemilih ini merupakan roh dari proses pilkada, komponen dasar dari unsur pilkada, ukuran dari keberhasilan suatu pilkada juga dari kualitas datanya.

“Pada tahapan pengumuman ini KPU Luwu dan jajaranya mengumumkan DPS di rumah ibadah, pasar atau tempat strategis, agar warga setempat dapat mengecek data diri pemilih ke kantor desa atau kelurahan setempat,” ujar Zulkifli

KPU Luwu mengimbau penyelenggara dan masyarakat untuk memanfaatkan media sosial berupa facebook atau whats app dapat digunakan untuk penyebaran informasi pengumuman DPS.

“Layanan jemput pemilih sebagai komitmen PPS untuk mendata seluruh pemilih di kelurahan/desa masing-masing apabila masih ada yang belum terdaftar sebaiknya terus di lakukan oleh PPS,” jelas, Zulkifli. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *