KPU Luwu Ikuti Teknikal Meeting Lomba Debat Antar Siswa SMA Sederajat se Sulsel di Halaman TVRI

KPU LUWU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Teknikal Meeting Lomba Debat Pilkada 2018 Antar Siswa se Sulsel. Di halaman Gedung TVRI Sulsel. Senin, 30 April 2018.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 KPU Kabupaten/Kota. Dimana setiap KPU kabupaten/Kota menginkutkan peserta siswa SMA/SMK/MA sederajat yang menjadi juara Lombat debat di Kabupaten masing-masing.

Sementara itu, KPU Kabupaten Luwu sendiri mengikutkan MAN Suli sebagai perwakilan sekolah di Kabupaten Luwu.

Dalam sambutannya di Teknikal Meeting Lomba Debat antar Siswa SMA sederajat ini, Anggota Komisioner KPU Sulsel, Divisi SDM dan Parmas, Faisal Amir, SE, MM, mengatakan lewat lomba ini guna menumbuhkan partisipasi pemilih yang juga terpenting para pemilih pemula.

“Kita di Sulsel menarget tingkat partisipasi mencapai 78 persen, saya harap kepada seluruh peserta setelah dari sini bisa menjadi pilar-pilar atau jaringan KPU di masing-masing daerahnya atau sekolahnya untuk melakukan sosialisasi. Dimana Pemilih yang berintegritas adalah pemilih yang cerdas,” ujar, Faisal Amir, SE, MM.

Ketua Dewan Juri, Prof, Dr, H. Adi Suryadi Culla, dalam sambutanya menyampaikan bahwa esensi dari sebuah perlombaan debat adalah mencari kebenara serta saling mencerdaskan, buka untuk mencari kemenangan.

“Esesnsi dari debat adalah mencari kebnaran bukan soal kemenangan, esensi debat juga adalah saling mencerdaskan bukan mala mencerdaskan diri sendiri atau pribadi, tapi ajang lombat debat ini untuk saling bertukar pikiran atau sharing,” terangnya.

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Luwu, Divisi SDM dan Parmas, Adly Aqsha, mengatakan, sebelum ke makassar para peserta diberikan penguatan dan pembekalan materi pengetahuan tentang Pilkada kepada para siswa. Serta pengetahuan terkait penguatan tema pada debat antar siswa ini yakni partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada.

“Kami tidak menarget apa-apa tapi ada proses pembelajaran, namun bukan soal juara kalah dan menang itu urusan sekian kalinya. Kami hanya bagaimana kemudian ada pendidikan pemilih pemula dan proses pembelajaran disitu,” harap, Adly Aqsha.

Untuk diketahui, pembukaan Lomba debat antar siswa SMA se Sulsel ini dilaksanakan 01 Mei 2018. Peserta Lomba Debat dari Luwu, MAN Suli berada di grup A bersama SMA dari Enrekang, Bantaeng, Pare-Pare.(adm/kpuluwu)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *