KPU Luwu Gelar Simulasi Pencoblosan dan Tungsura

KPU LUWU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu, menggelar simulasi pencoblosan serta pemungutan dan perhitungan suara. Simulasi ini dilaksanakan di Halaman, Kantor KPU Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Luwu. Senin, 11 Juni 2018.

Nampak dalam simulasi yang sukarelawan melaksanakan proses pencoblosan di TPS, dimulai dari seorang penyandang tunanetra, disabilitas, juga turut melakukan pencoblosan, dimulai dari melakukan pendaftaran dengan didampingi petugas TPS.

Kemudian memasuki ruang bilik suara yang disediakan template khusus penyandang tuna netra, tidak sampai disitu pendamping juga mengantarkan peserta penyandang tunanetra hingga selesai memasukkan kertas suara ke kotak suara.

Untuk simulasi penyandang disabilitas yang memiliki cacat fisik di bagian kaki melakukan proses pemilihan, dengan dibantu petugas dia didampingi dimulai ketika akan mendaftarkan diri, untuk membantunya duduk di kursi pendaftaran, demikian juga ketika proses pencoblosan di bilik dan memasukkan surat suara ke kotak suara.

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Luwu, Divisi Logistik, mengatakan bahwa dalam simulasi ini sangat penting dalam proses pencoblosan nantinya yakni, pihak penyelenggara memastikan kelenglapan TPS khususnya Surat Suara harus tepat jumlahnya, jika ada kekurangan maka jelas akan menghambat proses pencoblosan.

“Warga yang datang ke TPS dipastikan harus membawah identitasnya yakni E-KTP, ehingga memudahkan dalam pelayanan. KPPS harus tau tugas dan fungsinmya sehingga memudahkan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” ujar, Istantia.

Disamping itu, Istantia, menyampaikan ke KPPS agar tetap melakukan koordinasi dengan pengawas TPS dan saksi para paslon untuk menghindari kemungkinan hal-hal yang bisa menghambat proses pencoblosan serta pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

“Sedapat mungkin hal-hal yang terjadi di TPS bisa di selesaikan pada saat itu atau di TPS,” terangnya. (Adm/kpuluwu)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *