KPU Luwu Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPS Pilkada 2018

KPU LUWU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu menetapkan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dalam tahapan Pilkada Serentak 2018.

Penetapan dilakukan dalam kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Tahun 2018. Di media centre Kanto KPU Kabupaten Luwu, Jl Jendral Sudirman, Kelurahan Senga, Belopa, Luwu. Kamis, 15 Maret 2018.

Rapat secara resmi dibuka oleh Komisioner KPU Luwu, Divisi Teknis, Suhaeb, yang dipimpin Komisioner KPU Luwu, divisi Perencanaan Program dan Data, Zullifli, didampingi dua anggota Komisioner Divisi Logistik, Istantia, dan Divisi SDM dan Parmas, Adly Aqsha, sementara itu. Rapat ini diikuti oleh Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), tim kampanye pasangan calon serta tamu undangan lainnya.

Penetapan tertuang dalam Berita Acara KPU Kabupaten Luwu Nomor: 28/PL.03.1-BA/7317/KPU-Kab/K1.K2.K3.K4.K5/III/2018. Tentang rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) melalui rekap berjenjang dari PPS dan PPK pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur sulsel serta Bupati dan Wakil Bupati Luwu tahun 2018.

Dimana total DPS untuk Kabupaten Luwu sebanyak 250.138 jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari 124.086 pemilih laki-laki dan 126.052 jiwa pemilih perempuan.

“Rekapitulasi DPS Kabupaten Luwu dengan jumlah pemilih baru sebanyak 30.124 jiwa, Pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 65.129 Jiwa, perbaikan data pemilih sebanyak 24.029 tersebar di 22 Kecamatan se Kabupaten Luwu sesuai dengan rincian pada formulir A.B.3-KWK,” ujar, Zulkifli.

Sementara itu, rekapitulasi daftar pemilih potensial non KTP Elektronik di Kabupaten Luwu dengan jumlah pemilih sebanyak 15.456 jiwa tersebar di 22 Kecamatan di Kabupaten Luwu sesuai dengan rincian model A.C.3.KWK.

“Inikan kita umumkan dulu di tiap desa hasil DPS ini Tujuannya supaya pemilih mengetahui apakah nama mereka sudah masuk ke DPS. Jika belum, para pemilih bisa mengoreksi dengan memberitahu PPS yang ada di Desa/kelurahan untuk dilakukan perbaikan, setelah diumumkan maka akan proses perbaikan DPS dengan rekapitulasi secara berjenjang dari PPS ke PPK, setelah itu kita menetapkan Rekapitulasi DPT, serta melakukam Daftar Pemilihan Tambahan,” jelas, Zulkfili.

Hasil rapat pleno dalam bentuk berita acara selanjutnya diserahkan ke sejumlah pihak, Panwaslu Kabupaten Luwu, tim kampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, tim kampanye calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu serta Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu. (adm/kpuluwu)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *