KPU Kabupaten Luwu Gelar Kemah Demokrasi di Walenrang Utara

KPU LUWU – Setelah sukses melaksanakan sosialisas kepada komunitas gamers dan Scooterist Vespa se Kabupaten Luwu, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu kembali menggelar Kemah Demokrasi yang melibatkan Pemuda dan Mahasiswa. kegiatan yang dilaksanakan di wisata permandian Makawah, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, bekerjasama dengan Kelompok Pemuda yakni Kreatifitas Anak Bangsa Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari Mulai tanggal 10 s.d 11 Maret 2018.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta ini secara resmi dibuka oleh Anggota Komisioner KPU Luwu, Divisi SDM dan Parmas, Adly Aqsha. Dalam sambutannya ia, menyampaikan bahwa kegiatan Kemah Demokrasi yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Luwu ini merupakan kegiatan insidentil yang dilaksanakan kerjasama dengan Kelompok Kepemudaan yaitu Kreatifitas Anak Bangsa Indonesia dengan mengambil tema Melalui Kemah Demokrasi, Kita siapkan pemilih cerdas dan calon pemimpin berkualitas.

“Kemah ini merupakan bagian dari pendidikan Politik Pemilih serta sosialisasi yang secara terus menerus dilaksanakan oleh KPU Luwu Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan demokrasi kita dimasa mendatang melalui penanaman nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan kepada generasi muda,” ujar, Adly Aqsha, Minggu, 11 Maret 2018.

Selain itu, kata Adly, mengatakan bahwa KPU Bukan saja menyiapkan pemilih cerdas namun di sisi lain KPU juga menjadi corong untuk menyiapkan generasi untuk menjadi calon pemimpin berkualitas dimasa mendatang. Sesungguhnya di era Demokrasi semua orang berhak untuk memilih dan juga berhak untuk dipilih tanpa terkecuali asal memenuhi persyaratan.

“Kepada dik-adik yang tetntunya generasi muda penerus bangsa harus menyiapkan diri mulai sekarang bagaimana memilih pemimpin yang amanah, adil, jujur, dan benar juga disisi lain harus belajar bagaimana menjadi calon pemimpin yang berkualitas melalui kemah Demokrasi ini yang nantinya akan diberikan materi-materi tentang pemilu oleh narasumber dari Komisioner KPU Kabupaten Luwu,” ucapnya, disambut riuh tepuk tangan peserta kemah.

disamping itu, Adly Aqsha, berharap, agar seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius, KPU berharap bahwa tujuan pelaksanan kemah ini adalah dalam rangka melahirkan komunitas peduli pemilu dan demokrasi sebagai agen-agen KPU di sekolah-sekolah, wilayah maupun dilingkungan masyarakat dan keluarga masing-masing dalam upaya menyebarkan informasi kepemiluan.

”Kami berharap adik-adik ini nantinya dengan sukarela dapat menyampaikan informasi pemilu yang didapat dari kemah Demokrasi ini untuk disebarluaskan kepada teman, tetangga dan keluarga.” Harap Adly.

Untuk diketahui, Adapun Materi-materi yang disampaikan dalam Kegiatan Kemah Demokrasi berpedoman pada modul pelatihan membangun kompetensi dasar kepemiluan dengan materi antara lain Prinsip dasar partisipasi masyarakat dalam pemilu, Prinsip dasar pemilu yang jujur dan adil yang disampaikan oleh Adly Aqsha Komisioner Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, dan Mawardi Direktur Kreatifitas Anak Bangsa Indonesia tentang pentingnya peran aktif pemuda dalam meningkatkan partisipasi pemilih. (adm/kpuluwu)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *