Jelang Coklit Serentek 2018, KPU Luwu Bimtek PPK Soal PPDP dan Pemuktahiran DP4

KPU LUWU – Dalam rangka pemutakhiran data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Luwu di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Luwu, Jl Jendral Sudirman (Kompleks Pemkab Luwu), Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulsel. Kamis, 11 Januari 2018.

Menurut Anggota Komisioner KPU kabupaten Luwu, Divisi Program Data dan Perencanaan, Zulkifli, bimtek ini dilakukan karena di Luwu ada sistem yang digunakan pada pencocokan dan penelitian data pemilih yang dinamakan Sistem Pencocokan dan Penelitian (Sicoklit). Dimana nanti data dari KPU RI berupa DP4 yang sudah disinkronisasi kemudian diimpor kepada Sicoklit.

“Bimtek ini juga bagian dari persiapan Coklit yanag akan dilaksanakan di tanggal 20 Januari 2018 dimana akan melibatkan 2.972 termasuk melibatkan Komisioner KPU Luwu yang akan mendampingi PPDP sampai PPS,” ujar, Zulkifli.

Kemudian kata dia melalui kegiatan ini diberikan bimbingan tentang tata cara mengunduh data dari Sistem Data Pemillih (Sidalih) untuk kemudian diunggah kembali ke Sidalih untuk jadi data pemilih sementara.

Dalam pelaksanaannya akan menyasar para pesohor atau tokoh pesohor atau tokoh maayarakat. Kemudian kata dia priortitas selanjutnya pasangan bakal calon dimana pada tanggal 10 nanti akan ada pasangan bakal calon yang akan dicoklit.

Menyasar para pesohor dan tokoh masyarakat adalah sebagai strategi pemutakhiran data. Untuk memberikan teladan bagi tokoh masyarakat yang bisa peduli pada proses tahapan Pemilu.

“Kegiatan coklit akan datang ke rumah-rumah oleh PPDP di dampingi oleh komisioner minimal lima orang,” pungkasnya. (adm/kpuluwu)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *